Penerimaan CPNS 2008

Ini berita gembira bagi masyarakat di Kota Santri yang mendambakan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab, dalam waktu yang tidak lama lagi Pemkab Situbondo akan melakukan rekrutmen CPNS dari jalur umum. Tidak tanggung-tanggung ada 337 orang yang dibutuhkan.

Dari 337 jatah kursi PNS yang disediakan, formasi terbanyak diberikan kepada tenaga pendidikan yang dijatah 221 orang. Tenaga kesehatan 67 orang, dan 49 tenaga teknis lainnya. Jatah CPNS untuk Pemkab Situbondo tersebut terungkap dalam rapat kerja antara Komisi A DPRD Situbondo dengan Badan Kepegawaian Daerah, kemarin. “Untuk rincian formasi CPNS lebih detilnya, BKD masih menunggu Surat Keputusan Menpan (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara),” terang Rahmad, Ketua Komisi A DPRD Situbondo usai melakukan rapat kerja.
Bukan hanya rekrutmen CPNS dari jalur umum, pada 2008 juga akan dilakukan rekrutmen CPNS dari jalur honorer sebanyak 227 orang. “Menurut laporan BKD, dengan telah diangkatnya 227 CPNS dari jalur honorer pada 2008 ini, masih tersisa 1.200 tenaga honorer yang ada dalam data base yangbelum diangkat menjadi CPNS,” terang Rahmad.

Politisi Partai Golkar ini tidak bisa memastikan, apakah sisa honorer pada 2008 akan terangkat menjadi CPNS seluruhnya pada 2009 mendatang. Sebab, berdasar PP 48 tahun 2005, pengangkatan CPNS dari jalur honorer pada 2009 harus sudah selesai. “Yang jelas, honorer yang namanya sudah masuk ke dalam data base tidak masalah ikut tes CPNS dari jalur umum. Kalau memang yang bersangkutan tidak sabar untuk segera diangkat, ya ikut tes CPNS dari jalur umum saja,” ungkap Rahmad.
Dalam rapat kerja yang ditempatkan di ruang FPP itu terungkap, dalam rekrutmen CPNS tahun 2008, pemerintah provinsi tidak lagi mengkoordinir pelaksanaannya. Daerah diberi kewenangan untuk melaksanakan sendiri. “Namun untuk teknis pelaksanaan tetap mengacu kepada peraturan yang telah ada. Sedangkan untuk jatah CPNS mengacu kepada Kepmen no B/203/F/M.PAN,” papar Rahmad.
Sebab itulah, Komisi A berharap dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS nantinya Pemkab Situbondo bisa berkoordinasi dengan pemkab-pemkab di daerah lainnnya. Diupayakan, bagaimana pelaksanaan tes CPNS dibersamakan dalam satu hari. “Ini agar tidak terjadi saling serbu pelamar antara daerah. Sehingga, putra daerah bisa bersaing dengan leluasa dengan sesama putra daerah. Namun tentunya tanpa mengenyampingkan kualitas SDM,” tandas pria asal Kendit tersebut seraya memperkirakan pelaksanaan tes CPNS dilakukan pada pertengahan Oktober 2008.
Sumber : Jawapos / Radar Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: