Polda Siap Amankan Presiden

PALEMBANG (SINDO) – Polda Sumsel siap melakukan pengamanan kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Palembang. Kunjungan Presiden SBY tersebut untuk membuka program wisata Visit Musi 2008 yang akan berlangsung di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) pada Sabtu (5/1).,

Bahkan, pihak kepolisian juga menerjunkan penembak jitu (sniper) di titiktitik tempat melintasnya Presiden dan rombongan serta tempat- tempat yang dijadikan pusat kegiatan. Kapolda Sumsel Irjen Pol Ito Sumardi seusai perayaan pergantian tahun di Mapolda kemarin pagi mengungkapkan,untuk pengamanan Presiden, dilakukan sesuai prosedur tetap (Protap) Waskita Jaya.”Di mana TNI menjadi penanggung jawab, dan kita dari kepolisian secara proporsional menyiapkan seluruh kekuatan.

Jadi pada 4 Januari, saya akan mengecek lokasi kunjungan maupun tempat beliau istirahat,”katanya. Dari kedatangan hingga sepanjang rute perjalanan,tempat akomodasi Presiden SBY di Griya AgungdanBanyuasinakan dikerahkan seluruh kekuatan Polri untuk mendukung pengamanan yang dilakukan TNI. ”Kita juga akan mengerahkan kapal-kapal patroli di Sungai Musi untuk mengamankan beliau. Kekuatan seluruhnya 8.000 personel atau 2/3 kekuatan, yang lainnya statusnya on call.Sniperjuga akan kita sebarkan, tergantung lokasi-lokasi kegiatan beliau dan tergantung potensi kerawanan,”terangnya.

Pengamanan ekstra ketat dilakukan pihak keamanan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama saat pelaksanaan kegiatan yang dihadiri oleh Presiden. Karena itu,sejak jauh-jauh hari pihak keamanan sudah bekerja keras. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II Sriwijaya Letkol TNI Nordin Nonci mengatakan, pengamanan kedatangan Presiden SBY merupakan tanggung jawab TNI/- Polri. Untuk itu, mengenai teknis pengamanan,tidak bisa dipublikasikan karena merupakan tugas yang sifatnya tidak perlu digembor- gemborkan.

Sebelumnya,TNI sudah melakukan rapat persiapan dengan instansi terkait. Saat ini hanya tinggal pelaksanaan. ”TNI dan Polri tentunya sudah melakukan persiapan pengamanan sejak jauh-jauh hari,”katanya. Sementara itu, rencana kedatangan Presiden SBY dijadwalkan tiba pada Sabtu (5/1) sekitar pukul 09.15 WIB. Presiden berencana mengunjungi perkembangan pembangunan Sriwijaya Agro Widya Wisata Centre di Desa Sembawa, Kab Banyuasin. Presiden SBY pun bakal membuka launching Visit Musi 2008 yang dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB). Sebelumnya, Presiden akan mengunjungi Balai Penelitian Perkebunan Karet Desa Sembawa Banyuasin,sekaligus pembukaan Expo Inovasi Teknologi Pertanian 2008.

Dari kunjungan tersebut, Presiden juga akan menyerahkan bantuan, seperti benih unggul padi, batang bibit karet unggul, pohon sawit,bibit kakao,bibit lada, dan ratusan ekor sapi berahman. Setelah kunjungan ke Sembawa, Presiden akan membuka peluncuran Visit Musi 2008.Rencananya, peluncuran itu dijadwalkan pukul 20.40 WIB.Menurut Musyrif, pembukaan acara itu akan berlangsung spektakuler dan menyajikan tontonan yang menarik dari artis-artis Ibu Kota.”Presiden juga direncanakan akan menerima gelar kehormatan adat Sumsel,” jelas dia.

Selain itu, dijadwalkan juga paparan Menteri Pertanian Anton Apriyantono perihal kemajuan pembangunan Sriwijaya Agro Widya Wisata dan beberapa penandatanganan memorandung of understanding (MoU), dan akad kredit antara bank pelaksana terkait program revitalisasi perkebunan. Sementara itu, event organizer (EO) pimpinan Helmy Yahya menargetkan pada 4 Januari seluruh peralatan panggung sudah di-settingdanlayakuntukdigunakan. Menurut Helmy,sejak dua hari lalu peralatan sudah diberangkatkan dari Jakarta, dan setibanya kemarin akan disetel untuk dapat segera dirancang proses pemasangannya.

”Geladi kotornya akan kita lakukan pada tanggal 4 dan geladi bersih tanggal 5 Januari,”imbuh Helmy. Dia menjelaskan, sejumlah artis akan datang untuk memeriahkan peluncuran Visit Musi 2008. Acara tersebut akan ditayangkan RCTI secara live sekitar pukul 21.30 WIB. Dia mengatakan,sejumlah artis yang telah confirm (sudah memastikan) menghadiri acara tersebut yakni Nidji, Kapten, Matta, Ira Swara,Rini Idol,Ivan Idol,Dewi Dewi dan lainnya. Helmy Yahya sendiri akan menjadi MC. ”Nanti ada VJ Cathy, Choki Sitohang, dan Jelly Tobing. Dewi Persik yang semula akan hadir berhalangan untuk datang,”jelas Helmy. (dadang dinata/ siera syailendra)

Ditulis dalam Berita. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: