Bakornas Ingatkan Ancaman Bencana pada Januari 2008

KARANGANYAR–MEDIA: Ketua Bakornas Syamsul Ma”arif mengingatkan kepada seluruh kepala daerah di Tanah Air untuk mewaspadai munculnya bencana alam lanjutan yang diperkirakan pada saat musim penghujan puncak pada Januari tahun depan.

“Ini harus diwaspadai. Ramalam BMG menyatakan akhir Desember ini baru awal. Januari nanti yang merupakan puncak hujan, boleh jadi bencana masih mengancam. Karena itu setiap kepala daerah harus siap dan antisipasi secara dini,” pesan Syamsul ketika diwawancarai Media Indonesia di Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (28/12).,

Yang jelas menurut dia, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab di dalam mengkoordinasikan penanganan bencana alam yang terjadi di daerah, telah menerima lima perintah presiden, yang harus diketahui oleh para kepala daerah di Tanah Air.

Lima instruksi presiden di dalam penanganan gempa itu adalah, pertama bupati atau walikota yang daerah terkena bencana harus tampil paling awal di dalam pelaksanaan proses tanggap darurat. Langkah itu akan diikuti tahap kedua, yang mana Satkorlak (Satuan Koordinasi Pelaksanaan) Penanggulangan Bencana Provinsi harus segera turun, yang kemudian diikuti tahap ketiga di mana Bakornas turun untuk memberikan pendampingan teknis penanganan gempa.

“Pelibatan TNI-Polri merupakan kewajiban di dalam setiap penanganan gempa, yang menjadi instruksi keempat presiden. Dan terakhir adalah setiap bencana harus antisipasi secara dini, sehingga mengurangi risiko korban maupun kerugian. Semua ini harus sistematis. Sehingga ketika pelaksanaan penanganan, pemerintah daerah tidak melupakan fungsinya sebagai lembaga pelayan publik. Pemerintah daerah harus tetap jalan normal,” ujarnya.

Yang jelas Bakornas untuk tanggap darurat bencana, masih memiliki dana operasional atau on call sebanyak Rp125 miliar, yang akan dipergunakan periode September 2007 hingga Maret 2008. Kalau dalam pelaksanaan ternyata kurang, pemerintah pusat akan mencari upaya lain.

Dia tambahkan, sebagai koordinator, Bakornas juga mempunyai kewenangan untuk mengkoordinir setiap departemen di dalam proses tahap pemulihan termasuk bantuan kemanusiaan. “Ya seperti Depsos untuk bantuan sosial dan kemanusiaan, lalu pemulihan infrastuktur kita koordinir dengan PU,” tandasnya. (Wj/FR/OL-03)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: