TIGA TAHUN TSUNAMI

24/12/2007 15:22 LAPORAN KHUSUS

Liputan6.com, Banda Aceh/Jakarta: Sehari setelah Natal 2004. Gempa terjadi di lepas pantai barat Indonesia mengirimkan tsunami yang mengakibatkan kerusakan parah sepanjang Pulau Sumatera, Thailand, Sri Lanka, India, Maladewa, bahkan sisi timur Afrika. Wilayah yang menderita kerusakan terparah adalah Nanggroe Aceh Darussalam.

Di Serambi Mekkah itu, ombak menerjang sejauh enam kilometer di daratan; menghancurkan kawasan seperti Meulaboh, Lamno, dan Banda Aceh. Hampir 200 ribu nyawa melayang, lebih dari setengah juta penduduk kehilangan tempat tinggal.,

Bencana ini tak hanya menyebabkan kerusakan fisik. Luka batin merupakan tantangan terbesar para relawan.

Dendy Montgomery, seorang kamerawan lepas, termasuk orang pertama yang direkrut UNICEF, badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk anak-anak, dalam membantu anak-anak korban tsunami agar bisa mengatasi kesedihan.

Ia menjadi anggota tim pembuat video catatan harian anak-anak Aceh tentang “kehidupan setelah Tsunami.” Tujuan proyek ini, memfokuskan perhatian kepada masa depan ketimbang terpaku kepada masa lalu.

Anak-anak itu berasal dari wilayah yang mengalami kerusakan paling parah di Aceh. Meski ada anggota keluarga yang selamat, mereka kehilangan banyak teman sekolah dan tetangga. Ikuti kisah mereka di video ini.(YUS)

Ditulis dalam Tsunami. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: