BMG: SETIAP 26 DESEMBER SIMULASI GEMPA BESAR/TSUNAMI

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Meteorologi dan Geofisika pukul 08.00 WIB mengeluarkan ujicoba peringatan dini gempa berkekuatan besar yang diikuti tsunami. Informasi ujicoba ini disebar BMG melalui pesan singkat (SMS) sejumlah operator. Dalam SMS peringatan itu disebutkan terjadi potensi tsunami di wilayah Banten. Simulasi ini dalam rangka antisipasi tsunami yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.,

Kepala Sub Bidang Informasi Dini BMG Budi Waluyo saat dihubungi Metro TV melalui telepon mengatakan bahwa ujicoba itu bagian dari program latihan simulasi menghadapi tsunami. Indonesia menetapkan hal itu setiap tanggal 26 Desember. Pada tahun ini simulasi dilakukan di Banten, termasuk Cilegon dan Kabupetan Serang.

Budi memastikan program pelatihan dan simulasi tsunami ini didukung oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi, beserta 12 instansi pemerintah lainnya juga sejumlah perguruan tinggi serta BMG.

Budi mengatakan, simulasi tahun ini dimulai dengan ujicoba peringatan dini tsunami, yakni gempa terjadi pukul 08.00 WIB. Lokasi gempa berada di Selat Sunda, 180 kilometer baratdaya Cilegon. Pukuk 08.05 WIB, BMG kembali mengirim berita gempa yang berpotensi tsunami. Dan di setiap SMS itu disebutkan bahwa SMS tersebut sebagai ujicoba. Hanya, Budi mengakui untuk ke stasiun televisi, kata ujicobanya terpotong.

Selain melalui SMS, ujicoba simulasi peringatan tsunami ini juga dilakukan BMG melalui faksimili dan surat elekronik (e-mail). Budi memastikan simulasi peringatan tsunami ini akan terus dilakukan setiap 26 Desember setiap tahun.(DEN)

Ditulis dalam Gempa. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: