PEMKAB KLATEN MEMFASILITASI PENYELESAIAN KASUS DESA JATIMULYO

Tanggal : 01/11/2007

KLATEN. Rekonstruksi rumah pasca gempa bumi 27 Mei 2006 di Desa Jatimulyo Kecamatan Pedan, Klaten melalui bantuan P2KP-Peduli, sampai saat ini masih menyisakan persoalan yang belum terselesaikan. Permasalahan yang terjadi adalah adanya tuntutan kelompok masyarakat setempat, yang dimotori oleh Joko Susilo, agar pihak BKM/panitia pembangunan rumah melaporkan secara transparan tentang dugaan penyalagunaan dana bantuan rumah (BDR) dan ketidaktepatan beberapa sasaran penerima bantuan. Berbagai upaya fasilitasi dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk konsultan DMC-Klaten, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut belum membuahkan hasil yang berarti. Alotnya penyelesaikan permasalahan tersebut, menurut sumber berita yang tidak mau disebutkan jatidirinya, disebabkan oleh rendahnya kemauan baik dari berbagai pihak ditingkat desa dan konsultan yang terkait langsung dengan permasalahan untuk menyelesaikan permasalahan secara jujur dan transparan. Disisi lain, pihak Bank Dunia selaku lembaga donor yang membiayai rekonstruksi rumah melalui P2KP dan PMU P2KP, menuntut permasalahan tersebut segera diselesaikan dengan keputusan yang jelas terhadap pelanggaran yang terjadi dan mendorong pemkab untuk terlibat langsung dalam upaya penyelesaian masalah yang terjadi. ,

Sehubungan dengan permasalahan tersebut, pada hari Rabu 31 Oktober 2007 bertempat di Gedung Pemkab Klaten, Pemerintah Kabupaten Klaten memfasilitasi pertemuan dengan pihak-pihak terkait dalam rangka upaya penyelesaian kasus Desa Jatimulyo. Pertemuan dihadiri oleh unsur Satker Jawa Tengah D. Roosmany, Indarto dan Sudirman, Pemda Kab. Klaten dari unsur Asda III Bidang Pembangunan dan Bappeda, Aparat Desa Jatimulyo yang dihadiri PJS Kepala Desa Sri Sawiji, NMC, DMC, Perwakilan Bank Dunia, BKM, Panitia Pembangunan BDR dan Forum Masyarakat Peduli Desa Jatimulyo.

Agenda pertemuan koordinasi yang dipimpin oleh Asisten Daerah III Bidang Pembangunan Bapak Joko Sutrisno ini adalah lebih banyak mendengarkan permasalahan yang terjadi sejak pelaksanaan P2KP Peduli sampai sekarang, ditambahkan juga bahwa pertemuan ini adalah untuk menjawab surat Bank Dunia pada Bupati Klaten tentang permasalahan di Desa Jatimulyo.

Sampai pertemuan berakhir, belum ada rekomendasi yang diberikan atas masalah yang terjadi. Forum Masyarakat Peduli Desa Jatimulyo yang disampaikan oleh Joko Susilo mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih memegang janji DMC melalui surat yang dikirimkan pada Panitia Pembangunan untuk menyelesaikan permasalahan keuangan selambat-lambatnya 45 hari dan selanjutnya akan diserahkan pada pada proses hukum. (jk_m_topx)

Ditulis dalam Berita. Tag: , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: