Sekretaris Desa Ujung Tombak Pelayanan Administratif di Desa

Sekretaris desa merupakan ujung tombak pemerintahan desa yang melaksanakan tugas khususnya membantu kepala desa di bidang administrasi dan memberikan pelayanan teknis adminsitratif kepada seluruh perangkat desa. Terkadang Sekretaris Desa diposisikan sebagai bulan-bulanan warga terutama warga yang kurang puas dengan program maupun kebijakan yang ada dan diposisikan sebagai “ujung tombok” yang dalam pelaksanaan tugas. Demikian Pernyataan Bupati Pemalang H.M. Machroes, SH saat memberikan pengarahan pada Sekretaris Desa se Kabupaten Pemalang di Pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (16/5).

,
Pengarahan yang dilakukan oleh Bupati Pemalang merupakan sarana menyamakan persepsi antara pemerintah kabupaten dan sekretaris desa membangun komunikasi guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa dan peningkatan pelayanan masyarakat. Selain diikuti lebih kurang 200 sekretaris desa se-Kabupaten Pemalang, juga dihadiri oleh Camat dan Kepala Bagian, Dinas dan kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.,

Lebih lanjut Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Pemalang telah melakukan tindakan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya Sekretaris Desa (Sekdes ). Tahun 2006 Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD) untuk daerah bawah naik 185,71 % menjadi sebesar Rp. 720.000 dan daerah punggung sebesar Rp. 900.000,-. Bagi Tunjangan Sekretaris Desa kurang penghasilan diberikan sebesar Rp. 280.000 dan tunjangan sekretaris desa tidak berbengkok sebesar Rp. 310.000,-. Tali asih bagi Sekdes purna tugas juga diberikan dalam bentuk tunai dan jaminan asuransi yang perolehannya bisa melebihi PNS. Selain itu Pemerintah juga memberikan tanah bengkok Sekdes kurang lebih 2 hektar. Tanah bengkok ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Jual bengkok pada satu orang dalam satu musim saja, jangan dijual dua kali pada orang yang berbeda karena hal ini dapat menyebabkan perselisihan” demikian Machroes mengingatkan pada para Sekdes.

Kepada sekdes, Bupati berpesan dalam menjalankan tugas sekretaris desa agar dapat meningkatkan disiplin dan kinerja sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku guna memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.(Infokom)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: