Sekretaris Desa Siap Menjadi Pegawai Negeri Sipil!

Setelah dinantikan sekian lama oleh para Sekretaris Desa (Sekdes), akhirnya Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa Menjadi Pegawai Negeri Sipil telah disyahkan oleh pemerintah pada tanggal 30 Juli 2007.Ketua Paguyuban Sekretaris Desa (Sekdes) Se-Jawa Sumardi kepada Kompas, Sabtu (4/8), mengatakan, semua sekdes sangat berterima kasih kepada pemerintah dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No 45/2007. PP itu menjawab aksi ribuan sekdes, yang sering sekali ke Jakarta untuk mendesak disahkannya peraturan pengangkatan sekdes menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Terakhir kali mereka datang ke Jakarta pada awal Februari, dengan harapan dapat bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, keinginan itu tidak terwujud.,

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dalam Pasal 202 ayat (3) mengamanatkan Sekretaris Desa diisi dari PNS yang memenuhi persyaratan. Sekretaris Desa yang ada selama ini yang bukan PNS, secara bertahap diangkat menjadi PNS sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pengangkatan Sekretaris Desa sebelum adanya Peraturan Pemerintah ini dilakukan dengan Surat Keputusan Bupati/Walikota, Surat Keputusan Pembantu Bupati/Walikota, Sekretaris Wilayah Daerah, Pejabat lain yang ditunjuk oleh Bupati/Walikota, Camat, dan Kepala Desa. Pengangkatan tersebut tidak dalam status PNS. Dengan dengan keluarnya PP ini, sebanyak 63 ribu, dari 70 ribu sekdes mendapat pengangkatan. Sebelumnya, pemerintah telah mengangkat 7 ribu sekdes menjadi PNS.

Cara pengangkatan tertuang pada bab II Persyaratan Pengangkatan, pada pasal 2 menyebutkan, sekdes yang diangkat dengan sah sampai dengan 15 Oktober 2004 dan masih melaksanakan tugas sampai dengan berlakunya PP ini dapat diangkat langsung, apabila mengikuti persyaratan.

Persyaratannya terdapat dalam pasal 3 huruf e dan f, yang berbunyi: memiliki ijazah paling rendah Sekolah Dasar atau yang sederajat; dan berusia paling tinggi 51 (lima puluh satu) tahun terhitung pada 15 Oktober 2006

Sekretaris Desa yang diangkat menjadi PNS apabila memenuhi syarat diberikan pula hak pensiun sesuai peraturan perundang-undangan. Masa kerja sebagai Sekretaris Desa dihitung penuh sebagai masa kerja untuk penetapan pensiun sejak diangkat menjadi PNS.

Pengangkatan tidak dilakukan sekaligus, namun secara bertahap. Tahap pertama 40 persen (tahun 2007), tahap kedua 30 persen (tahun 2008), tahap ketiga 30 (tahun 2009) sebanyak dan sisanya pada tahun selanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Taufiq Effendi mengatakan, pengangkatan sekdes menjadi PNS sedang dalam proses penyusunan daftar nama. “Banyak sekali yang berubah karena muncul nama-nama baru. Semua ini harus dibenahi dan didaftar ulang,” kata Menpan di Yogyakarta, baru-baru ini

Di dalam Peraturan Pemerintah ini diatur juga mengenai tata cara pengangkatan Sekretaris Desa menjadi PNS. Dalam tata cara pengangkatan Sekretaris Desa ini terdapat peran unsur pemerintah daerah secara berjenjang, Badan Kepegawaian Negara, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Menteri Dalam Negeri. Pengangkatan Sekretaris Desa menjadi PNS dilakukan secara bertahap yaitu diawali pada tahun 2007 dan diselesaikan pada tahun 2009. Penahapan pengangkatan Sekretaris Desa menjadi PNS ini dilakukan dengan memperhatikan urutan prioritas yang didasarkan pada usia paling tinggi.

Peraturan Pemerintah ini mengatur juga mengenai hak dan kompensasi yang diberikan kepada Sekretaris Desa yang tidak dapat diangkat menjadi PNS. Sekretaris Desa tersebut diberikan tunjangan kompensasi yang dihitung berdasarkan masa kerja selama yang bersangkutan menjadi Sekretaris Desa.

Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah ini, permasalahan mengenai tertib administrasi pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan dan pemberdayaan masyarakat akan dapat berjalan secara efektif.

(amg)

Download: PP No 45 Th 2007 PERSYARATAN & TATA CARA PENGANGKATAN SEKRETARIS DESA MENJADI PEGAWAI NEGERI SIPIL.pdf

« PP No 8 Tahun 2003 Pedoman Organisasi Perangkat Daerah tidak Berlaku lagi

Sekjen Depdagri: Diklat sebagai Salah Satu Strategi Peningkatan Kapasitas Aparatur

Ditulis dalam Tentang Desa. Tag: , . 16 Comments »

16 Tanggapan to “Sekretaris Desa Siap Menjadi Pegawai Negeri Sipil!”

  1. nusa12 Says:

    perihal sekretaris desa, alasan pemerintah untuk mengangkat sekdes jadi pns.
    1. kebutuhan pemerintah tentang pentingnya sdm aparatur pemerintah desa yang berpotensi ! atau
    2. unsur politik.
    alasan 1 akan bisa memperbaiki kondisi pemerintahan
    alasan 2 tunggu kehancuran bertahap.

  2. Ryan Says:

    mohon sertakan daftar Sekdes tiap kabupaten

  3. Ryan Says:

    mohon daftar nominatif sekdes garut di buka

  4. Dody Says:

    Tlonk cantumkn nma sekretaris desa yg diangkt ddærah sumbwa besar

  5. dayat Says:

    tolong kirimkan nama-nama sekdes yang diangkat di daerah dompu

  6. Edisa Putera P Says:

    Mohon daftar nama yang di angkat jadi sekdes di kab.karo, khususnya kec.laubaleng.

  7. Edisa Putera P Says:

    Saya salah satu sekdes di kec.laubaleng, kalau ada informasi terbaru mohon informasi.

  8. dejan Says:

    tolong juga di kirimkan nama-nama sekdes yang diangkat di Nanggroe Aceh Darussalam

  9. tb abdul rosid Says:

    tolong kirim data sekretaris desa kab pandeglang

  10. jajang karya s.ag Says:

    minta data sekretaris desa se kab bandung

  11. susila Says:

    Tolong kirimkan nama-nama sekdes tahap 3 di kab. Parigi moutong

  12. susila Says:

    Tolong kirimkan nama-nama sekdes tahap 3 di kab. Parigi moutong.

  13. Suraji Says:

    Mohon untuk kabupaten Pemalang untuk dipercepat pengangkatan SEKDES untuk tahap Ke-2 dan Ke-3 yang sampai sekarang belum selesai

  14. susila Says:

    minta data sekdes se kabupaten parigi Moutong propinsi sulawesi tengah

  15. Imam Rasidi Says:

    mohon database sekdes kabupaten Bojonegoro Jatim yang mencukupi persayaratan diangkat menjadi PNS, baik tahap 1, 2 dan 3 dimuat juga, karena saya salah satu sekdes yang mencukupi persyaratan namun belum diangkat, terima kasih.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: