Segera Laksanakan PP No 45/2007

Bandung, Kompas – Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 45 Tahun 2007 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa Menjadi Pegawai Negeri Sipil harus segera ditindak-lanjuti. Pemerintah Kabupaten Bandung harus membuat peraturan daerah agar peraturan pemerintah tersebut dapat diimplementasikan.

PP yang terbit tanggal 30 Juli 2007 itu berisi syarat dan ketentuan bagi sekretaris desa yang akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

,

Dalam PP itu dinyatakan, sekretaris desa yang berhak menjadi PNS adalah sekretaris desa yang diangkat sampai 15 Oktober 2004 dan masih bertugas hingga keluarnya PP No 45/2007.

“Tindak lanjut ini bersamaan dengan kinerja Pansus IV dalam merumuskan empat rancangan perda mengenai pemerintahan desa, yang salah satunya menyebutkan tentang jabatan sekretaris desa,” kata Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Denni Rukada Sahuri di Bandung, Selasa (14/8).

Ia mengatakan, rancangan peraturan daerah tersebut harus mengacu pada PP No 45/2007.

Denni memiliki keyakinan, pengalihan status sekretaris desa menjadi PNS di Kabupaten Bandung tidak akan mengalami hambatan.

Sebab, menurut Denni, Bagian Otonomi Daerah Pemerintah Kabupaten Bandung sudah mempunyai data sekretaris desa dari 266 desa di kabupaten ini. Maksimal 51 tahun

Selain menetapkan syarat masa kerja, PP No 45/2007 juga mensyaratkan, sekretaris desa yang bisa diangkat menjadi PNS adalah yang berusia maksimal 51 tahun terhitung 15 Oktober 2006.

Jenjang pangkat PNS yang akan diterima oleh sekretaris desa disesuaikan dengan pendidikan yang telah dicapai.

Untuk proses pengangkatan sekretaris desa menjadi PNS, bupati atau wali kota harus menyusun data sekretaris desa di wilayahnya. Data tersebut selanjutnya disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur.

Selain data, bupati dan wali kota juga harus menyertakan berkas pengangkatan. Selanjutnya, gubernur menyerahkan data sekaligus berkas pengangkatan dari seluruh bupati/wali kota kepada Menteri Dalam Negeri.

Proses yang dilakukan di tingkat Menteri Dalam Negeri adalah verifikasi serta validasi data dan berkas yang diperoleh dari gubernur. Menteri Dalam Negeri akan mengusulkan berkas yang telah diverifikasi itu kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan ditembuskan kepada Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara.

PP No 45/2007 juga menyatakan, pengangkatan sekretaris desa menjadi PNS dilakukan bertahap sesuai dengan formasi yang ditetapkan tahun 2007. Pengangkatan ini selesai paling lambat tahun 2008.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Bandung Hilman Sukiman menyatakan, pihaknya akan meminta Pemerintah Kabupaten Bandung serius melakukan pendataan agar tidak timbul masalah di kemudian hari. (eld)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: